Fungsi Kain Sasirangan

Diposting pada

Setelah Putri Junjung Buih kemudian Pangeran Surianata dan anak cucu buyut intah piat keturunannya berkuasa di Kerajaan Negara Dipa kain langgundi hanya boleh dikenakan sebagai busana kebesaran para bangsawan. Sesuai namanya kainnya dibuat dengan menjelujur diikat tali raffia kemudian dicelupkan ke.


Makna Tersembunyi Dibalik Kain Sasirangan Dan Proses Pembuatannya Yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan zaman telah merubah fungsi kain Sasirangan dalam masyarakat Kalimantan Selatan.

Fungsi kain sasirangan. Pergeseran Fungsi dan Makna Simbolis Kain Sasirangan Yunita Fitra Andriana SDs MDs Dosen Universitas Trilogi Program Studi Desain Produk FIKT Universitas Trilogi Jakarta ABSTRACT Sasirangan cloth is a result of the cultural work of the Banjar people in South Kalimantan it has its. Untuk masyarakat Kalimantan Selatan kain pamintan kerap dijadikan sebuah sarana untuk pengobatan. Sasirangan adalah kain taradisiunal nang diulah di Kalimantan SelatanSasirangan babibit matan kata Basa Banjar yaitu sirang bang baarti manjalujur.

Tata caranya dengan dikenakan sebagai laung ikat kepala dan sabuk oleh kaum lelaki. Setiap kain tradisional yang menjadi tradisi turun temurun biasanya memiliki cerita dan fungsi masing-masing dalam budaya yang dimiliki oleh suku empunyanya. Sasirangan adalah kain yang menjadi kerajinan khas Kalimantan Selatan Kalsel dan menurut tetua masyarakat setempat merupakan cikal bakal dari kain pamintan.

Kain sasirangan ini mempunyai keunikan motif dan cara pembuatannya yang dipertahankan secara turun-temurun. Namun seiring dengan perkembangan jaman kain sasirangan ini sudah banyak sekali fungsinya yaitu. Ia juga dibuat untuk gorden taplak meja seprai hingga sapu tangan.

Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika itu sebelum tahun 1355 merujuk kepada fungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara. Arus globalisasi mode menggerus dan mengubah fungsi kain sasirangan. Spesifikasi khusus yang harus dimiliki bahan perintang diantaranya.

Tidak lagi berfungsi khusus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rohani para pengidap penyakit pingitan. Kain ini mengalami desakralisasi sehingga berubah menjadi pakaian sehari-hari. Fungsi digunakannya bahan perintang pada proses pembuatan kain sasirangan yaitu untuk menjaga agar bagian-bagian tertentu dari kain tidak terkontaminasi zat warna saat proses pewarnaan.

Pamulaannya kain sasirangan diparcaya kawa mananambai panyakit wan mahaga ruh jahat manjadiakan paulahannya diwatasi. Fungsi kain sasirangan ciri khas kain sasirangan 30 motif sasirangan modern teknik pembuatan sasirangan kain sasirangan modern keunikan. Jenis Kain Tradisional di Indonesia 3.

Pada saat awal muncul bentuk dan fungsi kain sasirangan masih sederhana yaitu sebagai ikat kepala laung sabuk dan kain sarung tapih bumin untuk priaBisa juga untuk kerudung selendang dan udat kemben untuk wanitaIstilah sasirangan berasal dari menyirang atau sirang yang artinya menjelujur. Menurut Ganie dalam Kholis 20162-3 Kain sasirangan pertama kali dibuat diperkirakan pada sekitar abad XII sampai XIV pada masa kerajaan. Sejarah Kain Sasirangan Kain sasirangan pada awalnya terdapat dalam sahibul hikayat atau cerita rakyat yang pupoler di kalangan masyarakat Kalimantan selatan.

Digunakan untuk menghadiri upacara adat yang dilakukan masyarakat suku Banjar. Pengertian Budaya dan Identitas Budaya 2. Fungsi kain sasirangan sebagai tanda simbolik pada kasus di atas tidak berbeda dengan fungsi tanda simbolik yang melekat pada pakaian dinas yang dikenakan oleh para PNS anggota polisi anggota ABRI dan para aparatur negara yang berseragam lainnya.

Ini berarti fungsi kain sasirangan ketika itu sebelum tahun 1355 merujuk kepada fungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara. Mutipnya diulah lawan jahitan tiknik jalujur. Globalisasi menjadikan kain ini tidak hanya mengalami proses desakralisasi sehingga berubah menjadi pakaian sehari-hari tetapi juga semakin dilupakan.

Upaya untuk melindungi budaya Banjar ini telah diakui oleh pemerintah melalui Dirjen HAKI Departemen Hukum dan HAM RI. Sejak tahun 1985 fungsi kain sasirangan sudah kembali menjadi kain yang berfungsi umum sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan jasmani seluruh warga negara sebagaimana yang dulu berlaku sebelum tahun 1355. Nilai-nilai sakral yang terkandung di dalamnya seolah-olah ikut memudar tergerus arus globalisasi mode.

ADVERTISEMENT Salah satunya adalah Sasirangan kain batik ala Kalimantan ini merupakan kain adat suku Banjar dari Kalimantan Selatan yang diwariskan secara turun-temurun. Sacara umum paulahannya masih mamakai cara taradisiunal. Jenis Kain dalam industri tekstil sangat banyak sekali Jenis kain disesuaikan juga dengan penggunaannya ada beberapa juga fungsi kain.

Setelah Putri Junjung Buih kemudian Pangeran Surianata dan anak cucu buyut intah piat keturunannya berkuasa di Kerajaan Negara Dipa kain langgundi hanya boleh dikenakan sebagai busana kebesaran para bangsawan. Pada jaman dahulu kain sasirangan difungsikan sebagai media untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari sakit kepala hingga stroke.


Manfaat Kain Sasirangan Dan Cara Membuatnya Hatma Net


Manfaat Kain Sasirangan Dan Cara Membuatnya Hatma Net


Mengenal Berbagai Motif Sasirangan Dan Model Bajunya Iezul Blog


Kain Sasirangan Batik Banjarmasin Gps Wisata Indonesia


Mengenal Sasirangan Kain Sakral Penyembuh Penyakit Dari Kalimantan Kumparan Com


Mengenal Sasirangan Kain Batik Khas Banua Kalimantan Selatan Halaman All Kompasiana Com


Kain Sasirangan Kain Dalam Balutan Imaji Indonesia Kaya


Kain Sasirangan Oleh Oleh Yang Bisa Dibawa Pulang Dari Banjarmasin Halaman All Kompas Com


Manfaat Kain Sasirangan Dan Cara Membuatnya Hatma Net